.quickedit{ display:none; }
Selamat datang di blog yang sederhana ini....Terimakasih Atas kunjungan Anda diblog ini...!! Semoga Anda tidak bosan dengan isi Blog ini dan Anda bisa kembali berkunjung lagi.

Jumat, 15 April 2011

Cara memperbaiki Printer Canon yang tidak mau narik kertas

Pada Printer Canon sering kita jumpai masalah tidak bisa menarik kertas atau kertas yang ditarik miring atau tidak pas waktu di print. Ini sering terjadi pada Printer Canon series IP-1200 s/d IP-1880 dan Series MP-150 s/d MP-228.
Ini terjadi karena As ( karet penarik kertas ) patah / putus, As tersebut terbuat dari plastik.
Untuk mengatasinya bongkar Printer tersebut, lepaskan casing / body plastic.
Perhatikan baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama yg berseri MP.

Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic, jika ada congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah. Sesuda casing/body plastic dilepas akan terlihat karet penarik kertas brserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas. Jangan lupa melepaskan per penekan kertas Lihat Gambar dibawah ini :

Gbr.1
Gbr.2
Gbr.3
Gbr.4
Gbr. 5
Gbr.6

Lalu buka skrup pengunci karet penarik kertas. Lepaskan penarik kertas beserta karetnya dari printer dengan cara mencongkel klem plastic yang menempel pada gear besar yang terlihat dari atas lalu tarik kearah samping agar terlepas dari printer

Gbr. 7

Gbr.8

Gbr.9
Gbr. 10
Sesudah terlepas dari Printer perhatikan daerah penarik kertas yang patah. Daerah Plastik yang patah kemudian dilubangi dengan bor sebesar 3 mm. Lalu diberi skrup 3 mm.
Kemudian skrup yang sudah terpasang dipotong ujungnya dengan tang pemotong lebihkan skrup yang dipotong sepanjang 8 mm sebagai pengganti AS yang patah tadi.
Perhatikan saat mengebor usahakan lubang pas di tengah lingkaran

Gbr.11
Gbr.12
Gbr.13
Gbr.14
Setelah Selesai, Pasang kembali Karet Penarik kertas ke printer dan tutup kembali casing/ body printer seperti semulah.
Selesai deehhh……Selamat Mencoba……Semoga bermanfaat….

Sumber : http://sakuraaba.wordpress.com

22 komentar:

  1. bagaimana cara membuka casing canon MP258 gan? tolong bantuannya.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas kunjungannya dibog yg sederhana ini. pertama2 anda siapkan peralatan tuk membongkar printer mp 258 anda, seperti obeng plus n min buat membuka bautnya. ok langsung aj k tkp. pertama gan buka bau yg berada di belakang printer ada empat baut,setelah semua baut dibuka baru gan bisa membuka kasing body yg berada kiri n kanan. catatan hati dengan selendang scan jgn sampai patah or sobek. ssemoga bermanfaat dengan keterangan yg saya berikan ini.

    BalasHapus
  3. mau tanya di boz, canon IP3680 gue gak bisa narik kertas kenapa ya??? selalu minta ressume???

    BalasHapus
  4. maaf nih br bs bls pertanyaannya, coba gan bongkar n liat apakah ad benda yg mengganjal kertas yg akan di print or jg as penarik roda ad yg patah.

    BalasHapus
  5. bos, mau nanya. printer saya ip3680, klo buat ngeprint lebih dari 1 lembar kok kertas sering macet di tengah2 ya? kejadiannya random, kadang pada kertas ke-dua , kadang tengah2, kadang juga kurang 1 halaman lg tiba2 macet. itu terjadi baik lewat rear tray maupun casette tray. mohon pencerahannya bos...

    BalasHapus
  6. slm knl, dimonitor PC ada keluar pesan errornya g.....? itu bs terjadi krn chip pd catridge tdk lg bs ngedetek.

    BalasHapus
  7. BOS..ada video nya , cara untuk bongkar printer canon MP258, please..kasi link nya

    BalasHapus
  8. Wah Mantap infonya Sangat membatu thanks gan!!


    Moga tambah sukses blognya

    BalasHapus
  9. klw untuk video sementara ini blm ada gen mau pun linknya. jadi gan coba aj bongkar dgn liat gmbr yg ada di blog saya ini.

    BalasHapus
  10. kalau printer gua ip 2770,, pas diidupin langsung narik kertas,, kira2 masalahnya dan penyelesaiaan nya gimana mass gan?????? mohon bantuan...

    BalasHapus
  11. salam kenal.
    MP 258 saya juga tidak mau narik kertas. apakah caranya sama dengan tipe diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama dengan artikel yg saya buat, cb aj agan lakukan. semoga sukses.

      Hapus
  12. klau buka cover IX4000 gmn ya? ada kertas masuk di bag power jd ada 5750.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agan buka sisi2 printer canon IX4000nya, baru bs membuka caver keseluruhan

      BalasHapus

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. trimakasih atas responnya...tp ini ada masalah baru lagi...klau cover ditutup tombol resume kok kedap-kedip trus klau cb di clean muncul massage operator error press the printer RESUME botton.. kira2 knp ya mas..trims sblmx

    BalasHapus
  15. Mau nanya nih.., kalo postingan tadi tentang kertas yang gak bisa masuk kan ya...?
    Trus gimana kalo masalahnya pada pencetakan multiple pages, kertas yang ditarik lebih dari 1 lembar...?
    Mohon infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. slm knl ya...!!! klw kertas narik lebih dr 1 biasanya permasalah terdapat pd karet penarik kertasnya sudah aus atau licin. jd tuk mengatasi coba dibersihan karet penarik kertas tersebut.

      Hapus
  16. gan saya baru beli canon pixma 2770 itu ga mau narik kertas perta drivernya udah instal ulang lalu sudah bisa keesokan harinya mau buat ngeprint ga bisa lagi saya instal ulang tetap ga bisa,tolong beri pencerahannya.padahal baru saja beli baru sehari.
    pas di percobaan di toko bsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. slm knl, agan pkai windows ap....? coba agan liat di control panel cari printer and fax, ap disana sdh terinstal driver printer ip2770-nya...? lw agan pakai windows7 tdk perlu diInstal krn windows7 sdh ad driver ip2770. klw gak mw narik ketas biasanya ad benda yg msuk di dekat penarik kertas yg menyebabkan kertas tdk bs ditarik oleh printer. lw menuruk saya lebih baik agan bw ktoko tempat gan beli, krna masi garansi klw sdh bongkar sendiri biasanya garansi bisa hilang n pihak toko tidak mau meperbaiki kalau pun mau agan dikenakan biaya.

      Hapus
  17. slam sjtra...mau tanya mas bro bagaimana cara membongkar printer canon MX328 yg benar, masalahnya gilingan kertasnya tidak merespon

    BalasHapus

Adhe edogawa.

Check Page Rank Blog/Web site Anda disini:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Like Facebook

Pengikut